Pemasaran adalah kegiatan untuk membujuk pelanggan potensial. Saat ini, strategi pemasaran memiliki beberapa bidang yang berbeda. Mulai dari pemasaran tradisional hingga pemasaran digital.


Biasanya, tim pemasaran adalah tim tersibuk di perusahaan. Tentunya banyak jargon yang sering disinggung oleh tim marketing. Istilah pemasaran adalah sekumpulan kata yang akrab dengan pekerjaan tim pemasaran. Biasanya kata-kata tersebut merupakan hal atau konsep yang berhubungan dengan bagian dari proses pemasaran itu sendiri. 



1. B2B (Business to Business)

Istilah pemasaran ini mengacu pada bagaimana bisnis menghasilkan penjualan. Umumnya, perusahaan memiliki metode penjualan B2B dan B2C.


B2B merupakan singkatan dari “Business to Business” yang artinya suatu perusahaan/perusahaan menjual produknya kepada perusahaan/perusahaan lain. Misalnya, perusahaan makanan ringan menjual produknya ke perusahaan supermarket. 




2. B2C ( Business to Customer) 

B2C adalah cara menjual, itu adalah saudara dari B2B. B2C adalah singkatan dari "Business to Customer". Artinya, perusahaan/bisnis menjual produknya langsung ke pelanggan.


Saat ini, ketika e-commerce sudah ada, banyak perusahaan yang menjual produknya langsung ke konsumen melalui e-commerce.


Nah, sebuah perusahaan bisa menjual produknya hanya B2B, hanya B2C atau keduanya.

 

3. Branding

Branding adalah cara mengkomunikasikan merek kepada konsumen. Tidak hanya melalui pesan konten, tetapi konten juga harus mewakili brand secara keseluruhan.


Tujuan branding adalah membangun citra yang baik untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Selain itu, branding memudahkan untuk membedakan merek Anda dari pesaing Anda. 



4. Brand Awareness

Brand Awareness adalah istilah pemasaran yang mengacu pada tingkat kesadaran merek Anda. Singkatnya, seberapa terkenal merek Anda? Itu namanya kesadaran merek. 


5. Buyer Persona

Padahal, pembeli adalah sesuatu yang semi-fiksi. Persona pembeli mewakili pelanggan yang menurut perusahaan Anda ideal. Persona pembeli mencakup siapa menurut Anda pembeli ideal Anda, masalah yang mereka hadapi yang dapat menjadi solusi merek Anda, hobi dan minat mereka, dll. Bisa dibilang buyer persona adalah gambaran detail dari target audiens Anda. 


6. Brand Identity

Brand Identity adalah identitas merek. Identitas ini dapat ditentukan oleh beberapa hal seperti logo, penggunaan warna yang khas, penggunaan font, cara menyapa audiens, perilaku, dll. Identitas merek Anda harus sesuai dengan kepribadian merek Anda.


Misalnya, jika kepribadian merek Anda serius, kata-kata yang Anda gunakan saat berinteraksi dengan audiens atau siapa pun di luar merek juga harus formal dan serius. 



7. Brand Activation

Brand Activation adalah berbagai acara yang dilakukan oleh merek untuk menyebarkan kesadaran merek. Brand activation dapat berupa exhibition, stand, kontes dan lain-lain.