MENGENAL KONSEP MARKETING MIX

Bauran pemasaran pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden, yang terinspirasi dari gagasan James Cullington pada pertengahan abad ke-20. Konsep pemasaran ini awalnya memiliki 4 unsur utama yang dikenal dengan konsep pemasaran 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion.


Namun seiring berkembangnya strategi pemasaran, konsep bauran pemasaran diperluas sehingga menjadi 7P, yaitu People, Process, Physical evidence telah ditambahkan. Ketujuh elemen ini, jika diterapkan dengan benar, membawa sejumlah manfaat bagi bisnis, yaitu: 


1. Product (Produk)


Produk adalah hal-hal yang dapat dijual oleh bisnis sebagai layanan, barang, atau produk digital. Dalam mengembangkan suatu produk, seseorang harus memeriksa terlebih dahulu apakah produk tersebut diinginkan atau dibutuhkan di pasar atau tidak. Selain itu, produk yang Anda jual harus mampu menawarkan solusi atas permasalahan yang dihadapi target konsumen.

2. Price (Harga)


Harga atau biaya adalah biaya yang harus dibayar konsumen sasaran ketika mereka membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Tingkat harga tergantung pada nilai produk yang dapat dirasakan konsumen. Ketika suatu produk memiliki harga rendah, lebih banyak konsumen dapat menggunakannya, sementara harga tinggi menarik pelanggan eksklusif.


Prinsipnya, harga harus lebih tinggi dari biaya produksi. Anda harus memperhatikan hal ini, karena konsep harga ini menentukan keuntungan Anda dan mendukung bisnis Anda. Selain itu, harga yang Anda tetapkan juga akan mempengaruhi bagaimana persepsi konsumen terhadap produk Anda.


3. Palce (Tempat)


Lokasi berarti lokasi dimana konsumen dapat menemukan, mengakses, menggunakan atau membeli Produk yang ditawarkan. Selain berwujud lokasi fisik seperti toko, kantor, pabrik atau gudang, elemen lokal kini juga bisa berwujud digital seperti media sosial, pameran, website dan lainnya. Saat memilih lokasi, Anda perlu memikirkan di mana pelanggan Anda berada. Jika Anda menjualnya secara digital, pikirkan platform apa yang sering digunakan teman target Anda.


4. Promosi (Promosi)


Setelah Anda memutuskan produk, harga, dan lokasi, saatnya menerapkan strategi periklanan Anda. Iklan atau promosi penjualan adalah cara mempromosikan produk Anda sehingga Anda dapat mencapai target pasar Anda untuk penjualan.


Dalam kampanye Anda dapat menggunakan katalog, baliho, brosur, iklan TV, dan lainnya. Namun karena kemajuan teknologi, banyak perusahaan yang memilih strategi periklanan digital, yaitu menggunakan media sosial, website, iklan berbayar atau lainnya.


Konsep bauran pemasaran 7P


Karena Anda sudah mengetahui apa itu bauran pemasaran dengan komponen 4P, berikut adalah tiga komponen lagi dari konsep bauran pemasaran 7P.


1 People (Orang)


Peopel atau orang yang melakukan pemasaran juga merupakan elemen penting bagi bisnis. Orang-orang ini dapat menjadi perwakilan layanan pelanggan, pemasaran, pengemasan dan transportasi, pelatih, dan lainnya. Orang-orang di belakang perusahaan Anda harus memiliki tiga hal di atas segalanya, yaitu kemampuan untuk memberikan layanan yang berkualitas, semangat yang tulus, dan umpan balik yang terbuka.


2. Process (Proses)


Proses berarti bagaimana produk atau layanan Anda dikirimkan ke pelanggan. Elemen ini bisa berupa proses, alur atau mekanisme yang harus dilalui konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa Anda. Anda harus memastikan bahwa proses yang Anda butuhkan ahli untuk meminimalkan biaya yang diperlukan. Selain itu, prosesnya juga harus bisa memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mengakses produk Anda.


3. Physical Evidence  (Bukti Fisik)


Physical Evidence  atau bukti fisik adalah semua yang dapat dilihat pelanggan saat berinteraksi dengan mitra bisnis. Beberapa contoh bukti fisik antara lain kemasan produk, kwitansi, slip pengepakan, interior toko, website, logo dan lainnya. Selain itu, elemen ini juga bisa berhubungan dengan cara karyawan Anda bekerja atau berpakaian. Dengan lebih memperhatikan keutuhan komponen bukti fisik ini, pelanggan dapat memiliki kepercayaan untuk menggunakan produk Anda. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan dari sebelumnya.


Ini adalah penjelasan tentang bauran pemasaran. Semoga membantu teman-teman yang sedang mencari ilmu marketing. Selamat!!! 


https://www.logique.co.id/blog/2020/11/09/marketing-mix/