05 Tips Belajar Digital Marketing untuk Pemula
1. Punya produk dan target market
Langkah pertama dalam mempelajari pemasaran digital adalah produk dan target pasar. Kalian bisa membuat produk dari permasalahan yang dihadapi masyarakat dan menjadikan kelompok masyarakat tersebut sebagai target pasar produk ditempat kalian tinggal.
Di sisi lain, Kalian juga dapat menentukan terlebih dahulu siapa pelanggan dan kemudian memproduksi produk untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi.
2. Pilih produk yang memberi solusi terbaik
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash
Satu hal yang sering disalahpahami saat mengembangkan produk adalah bahwa solusi yang diberikan bukanlah solusi terbaik dari masalah yang dihadapi.
Pada akhirnya, konsumen atau target pasar akan meninggalkan produk kita dan mencari sesuatu yang lebih baik. Anda benar-benar tidak ingin itu terjadi, bukan?
3. Bangun Media Sosial
Photo by Sara Kurfeß on Unsplash
Siapa sekarang yang tidak menggunakan Media Sosial, hampir 99% orang sudah menggunakan media sosial ini kesempatan untuk membanun akun di sosial media Tujuannya tak lain untuk membangun brand awareness dan media periklanan. Caranya, pilih media sosial yang tepat dengan target pasar Anda.
Misalnya memilih Instagram atau YouTube sebagai target pasar para remaja. Profesional memilih LinkedIn. Untuk demografi perkotaan, Facebook bisa menjadi pilihan yang efektif.
4. Kembangkan SEO, SEM, juga Social Media Ads
Photo by NisonCo PR and SEO on Unsplash
Cara mempelajari pemasaran digital adalah dengan mengembangkan keterampilan dalam pengoptimalan mesin telusur, pemasaran mesin telusur, dan periklanan media sosial.
1. Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik mengoptimasi website agar produk yang kita tawarkan muncul di search engine saat orang mencarinya.
2. Search Engine Marketing (SEM) adalah teknik mengoptimalkan website agar muncul di search engine dengan menggunakan iklan.
3. Social Media Ads adalah istilah untuk menggunakan iklan di Facebook, Twitter atau Instagram.
5. WhatsApp for Business
Photo by Mourizal Zativa on Unsplash
Terakhir, WhatsApp memiliki basis pengguna yang besar di Indonesia. Anda dapat menggunakan ini sebagai cara yang efektif untuk belajar pemasaran digital. Gunakan WhatsApp untuk Bisnis dengan akun bisnis Anda.
Pasalnya, aplikasi ini memiliki banyak fungsi untuk melihat profil toko, daftar produk, dan statistik berita. WhatsApp for Business juga dapat membantu Anda menanggapi pesan dari calon pembeli dengan fitur perpesanan otomatis. Mungkin itu yang dapat saya bagikan di postingan kali ini jika ini bermanfaat jangan lupa di share ya teman :)